You are on page 1of 2

Dinas Perhubungan Tulungagung Rutin Pengecekan Kendaraan Dinas

Dinas Perhubungan Tulungagung Rutin Pengecekan Kendaraan Dinas Laporan wartawan Sorot News Herman /Suroso Tulungagung Jatim KendaraanKabupaten Tulungagung, Jl. Yos Sudarso No. 117, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur Rabu (11/10/2017). Kendaraan dinas yang diperiksa yaitu bus sekolah 7 unit, mobil operasinal 6 unit, dan motor BM 8 unit Pemeriksaan untuk memastikan kelayakan mobil dinas yang digunakan dalam operasional sehari-hari. Pada pemeriksaan itu, dilakukan cek fisik dan pemeriksaan surat kelengkapan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Sementara dari hasil pemeriksaan, rata-rata kendaraan siap digunakan untuk melaksanan tugas di lapangan. Pemeriksaan ini juga sebagai upaya untuk memastikan bahwa kendaraan dinas dalam kondisi layak untuk dipakai terutama angkutan bus sekolah karena jumlah siswa yang terangkut dalam angkutan sekolah gratis ini rata-rata dalam satu hari sejumlah 1.450 siswa. Sedangkan untuk menciptakan budaya tertib berlalu lintas dan keyamanan selama perjalanan sebagaimana maksud dan tujuan diatas maka dinas perhubungan pada awak kendaraan melakukan beberapa usaha diantaranya pengawasan dan " id="pdf-obj-0-4" src="pdf-obj-0-4.jpg">

Laporan wartawan Sorot News Herman /Suroso Tulungagung Jatim

Kendaraan dinas (randis) di Dinas Perhubungan Pemkab Tulungagung diperiksa oleh sekretaris dinas perhubungan. Pemeriksaan tersebut berlangsung di halaman parkir kantor Dinas perhubungan Kabupaten Tulungagung, Jl. Yos Sudarso No. 117, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur Rabu (11/10/2017).

Kendaraan dinas yang diperiksa yaitu bus sekolah 7 unit, mobil operasinal 6 unit, dan motor BM 8 unit Pemeriksaan untuk memastikan kelayakan mobil dinas yang digunakan dalam operasional sehari-hari.

Pada pemeriksaan itu, dilakukan cek fisik dan pemeriksaan surat kelengkapan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Sementara dari hasil pemeriksaan, rata-rata kendaraan siap digunakan untuk melaksanan tugas di lapangan.

Pemeriksaan ini juga sebagai upaya untuk memastikan bahwa kendaraan dinas dalam kondisi layak untuk dipakai terutama angkutan bus sekolah karena jumlah siswa yang terangkut dalam angkutan sekolah gratis ini rata-rata dalam satu hari sejumlah 1.450 siswa.

Sedangkan untuk menciptakan budaya tertib berlalu lintas dan keyamanan selama perjalanan sebagaimana maksud dan tujuan diatas maka dinas perhubungan pada awak kendaraan melakukan beberapa usaha diantaranya pengawasan dan

pengendalian awak kendaraan di awal perjalanan sampai dengan sekolah masing- masing dan bagi siswa ditekankan untuk tepat waktu di halte pemberangkatan, mengisi absensi dalam perjalanan serta tepat waktu dalam penjemputan.

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo yang telah melaunching Angkutan Sekolah Gratis sejak 2016 mengatakan, bahwa pengoperasian Angkutan Sekolah Gratis selain mengemban misi transportasi, merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung untuk memberdayakan dan melindungi keberadaan angkutan umum yang mulai tergantikan oleh kendaraan pribadi sehingga angkutan umum tersebut bisa tetap beroperasi.

Bupati Juga mengatakan sesuai falsafah penyelenggaraan angkutan pada umumnya, maka angkutan sekolah gratis tetap mengutamakan keselamatan, kenyamanan, sehingga anak didik kita mendapat jaminan akan ketepatan berangkat dan pulang dari sekolah. “ Saat ini angkutan sekolah gratis yang melayani siswa sejumlah 34 kendaraan terdiri 7 bus sekolah dan 27 MPU. Kami sadar bahwa Angkutan sekolah yang ada belum bisa menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung, namun kami mengharap peran serta wali murid ataupun siswa untuk memanfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya,“ kata Bupati