You are on page 1of 3

Soal ini didownload dari www.banksoal.web.id KELAS 5 SEMESTER II MATEMATIKA ULANGAN HARIAN 5 I. 1. Isilah titik-titik berikut ini.

. Pda gambar kubus di samping, sisi yang sejajar dengan ADHE adalah .

2.

Pada gambar balok di samping, 3 rusuk yang sama panjang dengan BC adalah.

3. Bangun ruang yang sisi alas dan sisi atasnya berbentuk lingkaran adalah. 4. Sisi yang sama luasnya dengan TEF adalah .

5.

Nama bangun di samping adalah .

6. Banyak titik sudut pada limas segitiga adalah . 7. Banyak sisi pada tabung adalah . 8. Banyak rusuk pada limas segi empat adalah . 9. Banyak sisi pada kerucut adalah . 10. Sisi alas dan atas dari tabung berbentuk .

11.

Jika KLMN sebangun dengan PRST, maka NML = .

Soal ini didownload dari www.banksoal.web.id 12. Jika KLM sebangun dengan GHI, maka besar GIH adalah .

13.

Jika PRS sebangun dengan TUS, maka panjang PS sebanding dengan panjang .

14.

Banyaknya simetri lipat pada huruf di samping adalah .

15. 16. 17. 18. 19. 20.

Persegi mempunyai sumbu simetri sebanyak . Buah Banyak simetri lipat pada bangun lingkaran adalah . Jika bangun ABCD diputra putaran searah jarum jam, maka titik A menempati tempat titik . Banyak simetri putar pada bangun belah ketupat adalah . Jika daerah yang diwarnai merupakan sisi alas, maka yang menjadi sisi atas adalah . Jika daerah yang diwarnai merupakan sisi alas, maka sisi atas ditandai dengan huruf .

II. 21.

Selesaikanlah soal-soal berikut. Pada gambar di samping, tentukan : a. Sisi-sisi yang sama luas, b. Rusuk-rusuk yang sejajar.

Soal ini didownload dari www.banksoal.web.id 22. Pada gambar kubus di samping, tentukan: a. Sisi yang sejajar, b. Rusuk-rusuk yang sama panjang 23. Perhatikan gambar limas di samping, sebutkan semua sisi yang membentuk limas tersebut. 24. Sebutkan semua sisi yang membentuk limas di samping.

25.

Sebutkan banyak limas segi empat yang dapat dibentuk dari balok di samping.

26.

Buktikan bahwa persegi panjang ABCD sebangun dengan persegi panjang EFGH.

27.

Buktikan banguan PRST sebangun dengan KLMN.

28. 29.

Lengkapilah gambar berikut ini jika garis putus-putus merupakan sumbu simetri. Gambarlah posisi bangun persegi di samping, bila diputar sebesar putaran dan putaran.

30.

Gambarlah jaring-jaring kubus dan balok!