You are on page 1of 18

GEOLOGI dan TEKSTUR SITUS GUNUNG PADANG

Situs Megalitik Gunung Padang akhir-akhir ini menjadi berita yang hangat di media masa. Sebagian besar meyakini bahwa susunan kekar kolom (KK) di permukaan Gunung Padang adalah suatu bangunan hasil karya manusia purba. Semua KK yang berada di situs ini juga tidak diragukan sebagai proses geologi alamiah aktivitas gunung api yang menghasilkan lava. Namun yang tak kalah menarik, terdapat beberapa tekstur yang dijumpai pada anak-anak tangga yang berupa susunan KK hingga pada teras-teras. yang Observasi yang saya lakukan ini semuanya berupa pengamatan visual fotografi yang dapat diterjemahkan sebagai tekstur. Sebagai pembanding, disini disajikan beberapa tekstur yang kerap dijumpai pada endapan lava gunungapi, antara lain dari Lagadar Cimahi dan Jailolo, Halmahera. Saya serahkan penilaian pada pemirsa, tekstur-tekstur mana saja yang diyakini memang berasal dari proses alamiah geologi dan buatan manusia. Fotografi Andri Subandrio
Andri Subandrio 01 April 2014 Geologi FITB -ITB

KOMPLEKS KUARI CV. GUNUNG BATUJAJAR, LAGADAR CIMAHI. E F G

Endapan lava berkekar kolom di kawasan Lagadar, Cimahi tersingkap karena penambangan kuari CV. Gunung Batujajar. Batuan yang berkomposi basaltis andesit ini diendapkan sebagian sebagai dyke atau korok dan lava. Susunan kekar kolom nampak saling mengunci dan berhimpitan tanpa jeda. Kotak putih inset mewakili foto rinci F hingga I. Fotografi, Andri Subandrio 25 Maret 2014.

KOMPLEKS KUARI CV. GUNUNG BATUJAJAR, LAGADAR CIMAHI.

Sebagian endapan lava telah mengalami pelapukan, diantara nya spheroidal weathering atau onion skin weathering (pelapukan mengulit bawang) yang dicirikan oleh lapisan-lapisan oksida besi konsentris berbentuk elipsoid dengan inti yang masih segar yang juga berbentuk elipsoid. Selain lava di Lagadar terdapat juga endapan breksi gunungapi (volcanic breccia) yang sebagian besar menampakan fragmen-fragmen lava (hitam) yang disemen oleh tuf (tuff pyroclastic) yang berwarna putih. Fotografi, Andri Subandrio 25 Maret 2014.

Gunung Padang
P. Kenampakan KK berbagai diameter yang tersusun relatif horinsontal atau rebah, berjeda, yang dikombinasikan dengan susunan tegak pada latar depan. Pada sisi kiri dan kanan tengah tampak kontras perbedaan diameter KK. Foto R menunjukkan susunan KK malang melintang dengan jeda yang terisi tanah.

Lagadar Cimahi
I. Kenampakan KK dengan diameter relatif seragam yang tersusun relatif horinsontal atau rebah. Antara satu batang KK dengan lainya saling mengunci, sangan rapat, tanpa jeda dan tanpa pengisi (Foto I). Struktur saling mengunci ini tidak hanya tampak dipermukaan, tapi menerus sepanjang KK seperti yang tampak pada foto H.

Tekstur Gelembung Gas Pada Lava

Ciri-ciri tekstur gelembung gas alami pada lava (vesicular) :


1. 2. 3. 4. 5. 6.

Jailolo, Halmahera

Tidak pernah oval atau memanjang sempurna Lubang gas tidak pernah tunggal, selalu merupakan himpunan bahkan sebagian dapat membentuk jaringan Lubang vesikular cenderung mengikuti aliran lava dapat memanjang dan melebar-menyempit, dan besar-kecil seperti tetes air. Sebagian lubang dapat terisi mineral (amygdalod) serta diameter lubang hanya sekitar 5cm. Bila lava tebal, lubang gas yang terdapat didasar lava berukuran lebih halus dibandian dibagian atas yang lebih kasar. Lubang gas pada umumnya berasosaisi dengan lava yang lebih kental atau viskositas sedang tinggi, sedangkan basalt rendah (cair). Walaupun tidak menutup kemungkinan bila lava mengalir pada permukaan yang mengandung air, maka air yang menguap akan menjadi gas didalam lava dan membentuk tekstur vesikuler.

Subang, Jawa Barat Jailolo, Halmahera

Gunung Padang
Pada sebagian sisi KK terdapat cekungan-cekungan mirip mangkok atau saluran oval maupun memanjang. Adakah ini alami (geologi) atau dibuat (diukir) oleh manusia? ! Apabila alamiah geologi maka kemungkinannya adalah sisa-sisa lubang gas atau rekahan yang bisa jadi diperhalus oleh erosi air hujan. Bagaimanakah ciri-ciri lubang gas vesikular atau rekahan pada lava? Apa yang menjadi kendalanya atau syaratnya?

Gunung Padang
Lubang-lubang oval ataupun memanjang pada sebagian sisi himpunan KK tidak menunjukan ciri-ciri yang pada umumnya terdapat pada vesicular lava sebenarnya. Kemungkinan besar cawan-cawan oval atau memanjang adalah buatan manusia yang kemungkinan menyimbulkan huruf ataupun gambar atau cawan air atau hidangan?

Gunung Padang, Cianjur


Ukiran atau cetakan negatif pada sebagian permukaan batang KK Gunung Padang tampak mandiri dan sebagian memperlihatkan kesan batuan ditatah, dikikis, dan digerus serta dibuat cekung (lihat penampang AB) oleh benda yang lebih keras. Selain itu bentuknya seperti simbol-simbol yang dibuat oleh manusia. Selain lubanglubang yang bernampang mirip setengah lingkaran akibat gerusan, relatif soliter dan tidak memenuhi bidang atau permukaan KK.

Jailolo, Halmahera
Tekstur gelembung gas pada lava umumnya berkelompok dan lubang-lubangnya tersebar pada hampir semua permukaan. Lubang besar dan kecil tersebar acak. Penampang lubang-lubang gas sangat bervariasi (penampang CD), selaitn itu dapat menampakan tekstur aliran lava seperti pada foto dibawah ini .

A A B

C C

B D D

Ruangan Bawah Tanah atau Guha Dalam Lava


Pada lapisan lava basalt yang sedang mengalir, terutama yang relatif tebal, misalnya lebih dari 10 meter tebal, lapisan terbawah dan teratas akan membeku lebih dahulu membentuk lapisan kerak. Sementara dibagian tengah bisa jadi tetap cair dan mengalir. Bila bagian lava yang tedapat ditengah mengalir terus dan diendapkan disuatu tempat. Bagian tengah yang ditinggal aliran lava akan meninggalkan terowongan atau tabung yang sering dikenal juga sebagai lava tunnel atau lava tube yang kini masih bisa disaksikan di Hawaii dan Iceland. Sisa terowongan lawa di Indonesia antara lain terdapat di kompleks gunungapi Jailolo, Halmahera dan pantai selatan pulau Pantar Nusa Tenggara Timur.
http://www.themostepic.com/2012/09/12/dope-collective-23/ http://cynthia-stcharles.blogspot.com/2012/01/travel-log-tuesdaylava-beds-national.html

http://www.lilburnes.org/Students/Caves/lava_caves_geraldine.htm

The landscape is quite open, the lava tube cave entrances are scattered all around the area. It is possible to explore the caves on your own and we went into several of the caves.

Jailolo, Halmahera
Lava Tube/Lava Tunnel Jailolo - Halmahera

Jailolo, Halmahera
Lava Tube/Lava Tunnel Jailolo - Halmahera

COBEK BATU SEBAGAI ALAT DAPUR


Cobek Batu Lava
X Y

Mutuk

Cobek

Cobek Batu LE (Lotek Entin)

Coet atau Cobek dari lempeng batu lava yang permukaannya dicekungkan, kemungkinan sudah cukup lama dipergunakan sebagai peralatan dapur untuk menggerus, menghaluskan aneka bumbu, sambel hingga lotek. Pembuatan cobek moderen dilakuang pertama tama dengan menatah pertama-tama batu secara bersudut kearah titik pusat. Cekungan kemudian dihaluskan menekankan batu yang lebih keras atau sama sambil mengikis. Pemakaian mutu pada dasar cobek sambil menekan untuk menghaluskan bumbu, dalam waktu lama dapat memperhalus dan memperdalam cekungan cobek.

POLA CEKUNGAN-CEKUNGAN KECIL PADA PERMUKAAN KEKAR KOLOM GUNUNG PADANG


Cekungan Bundar Pahatan Parit ? Cekungan Bundar (Elipsoid ?)

Cekungan Parabola Cekungan Parabola ?

MORPHOLOGY OF IGNEOUS ROCKS


Analogi untuk endapan lava Gunung Padang

http://legacy.belmont.sd62.bc.ca/teacher/geology12/photos/volcanoes/plutons.htm

Mekanisme Pembentukan Kekar Kolom Pada Endapan Lava

http://www.geocaching.com/geocache/GC37DZE _millaa-millaas-columnar-basalts

Kurus

Gemuk

As the lava cools, it contracts, creating local zones of extension in the newly forming rock, which results in the formation of joints. The fractures are regularly spaced and usually organized in a hexagonal pattern. Source: Elizabeth Davis, Tessellations in the Eastern Sierra, 2012

A diagram explaining how columnar jointing forms in a cooling body of rock. Diagram from Dr. Malcolm Reeves's website at the Univerisity of Saskatchewan. Diagram taken from here: http://homepage.usask.ca/~mjr347/prog /geoe118/geoe118.054.html

Peta Geologi Regional Lembar Cianjur (Sudjatmiko, 1972). Inset adalah posisi Situs Gunung Padang)

Jampang Formation Tuffaceous Breccia

Hornblende Andesite Gunung Padang Tuffaceous Breccia

Keterangan

: Daerah Pemetaan

: Area Situs Gunung padang

PETA GEOLOGI DAERAH GUNUNG PADANG DAN SEKITARNYA

Mohammad Zaky (2014)

PENAMPANG GEOLOGI DAERAH GUNUNG PADANG DAN SEKITARNYA

Lava basalt berkekar kolom Gunung Padang


Satuan Lava Basalt-Andesit

Mohammad Zaky (2014)


Pasir Bogor Satuan Breksi Piroklastik Satuan Lava Basalt-Andesit Pasir Domas Satuan Intrusi Basalt-Andesit Satuan Tuf Pasir Gombong

Satuan Tuf

Pasir Bogor Satuan Intrusi Basalt-Andesit

Pasir Keramat

Satuan Lava Basalt-Andesit

Satuan Tuf

Satuan Tuf