You are on page 1of 46

http://apkbaru.blogspot.

com FF 3 ALTARCAVE

Setelah terjatuh ke dalam lubang, kamu akan mengontrol Luneth. Beres i 3 Goblin lalu ambil Leather Shield dan Potion dari 2 peti yang ada. Periksa ba tu di sudut untuk membuka jalan. Pastikan mengambil Longsword di dalam peti sebe lum tangga. Teruskan saja mengeksplorasi gua. Ambil masing-masing 2 Antarctic Wi nd dan Potion di sepanjang perjalanan. Pada kolam di sebelah timur kamu bisa res tore HP-MP. Jika sudah, lanjutkan ke ruangan berikut untuk menghadapi Boss perta ma.

Boss: Land Turtle Gunakan Antarctic Wind di permulaan karena boss ini lemah terhadap e s. Sisanya cukup serang dengan serangan fisik. Dengan senjata di kedua tangan, p ertarungan ini akan berjalan mulus. Bila HP-mu kurang dari 10, baru gunakan Poti on.

Setelah scene, berdiri di atas lingkaran untuk teleport ke World Map . Masuki desaUr di selatan.

UR

Beri Potion pada kakek di depan rumah untuk mendapatkan Phoenix Down darinya. Di dalam rumah tersebut, ada kolam untuk restore HP-MP dan revive (men ghidupkan anggota party yang tewas). Lewati jalan rahasia menuju sumur di timur untuk 3 Potion. Jangan lupa untuk menengok semua toko yang ada dan membelanjakan sebagian gil untuk bekalmu berpetualang.

Inn

: Gratis

Item Shop (di dalam Inn) Potion Eye Drops Antidote : 40 : 80 : 50 (dalam gil)

Weapon Shop Dagger Longsword Staff Bow Wooden Arrow : 4 : 100 : 40 : 100 : 60

Armor Shop Leather Armor Leather Shield Leather Cap Bronze Bracers : 40 : 15 : 80 : 90

Spell Shop Poisona (white) : 100

Dekati beberapa anak di sebelah timur yang sedang mengolok-olok Arc, sahabat Luneth semasa kecil. Setelah scene, masuki rumah di utara desa (ada mus uh di sekitar situ). Kakek yang tinggal di sana akan menerangkan tentang perluny a zoom in untuk mendeteksi tombol atau item tersembunyi pada benda/tempat yang b erkilau. Periksa guci-guci untuk 2 Antidote dan tekan tombol pada lilin untuk me mbuka ruangan menuju Longsword, Eye Drops, magic Cure, Dagger, dan Phoenix Down. Bila sudah siap, lanjutkan perjalanan ke Kazus di sebelah selatanUr.

KAZUS

Kamu akan bertemu Arc lagi yang kemudian akan bergabung. Oh, ternyat a semua penduduk di sini telah dikutuk menjadi hantu! Di rumah barat ada kolam r estore HP-MP. Temui hantu Cid di dalam Inn dan ia akan meminjamkan airship-nya k epadamu. Pergilah kepadangpasir di sebelah barat Kazus (dataran berwarna cokelat muda) dan secara otomatis kamu akan masuk ke dalam airship. Disanaada Refia, an ak gadis Takka si penempa mythril dari Kazus yang kemudian menjadi anggota ke-3 party. Dengan airship, pergilah ke Castle Sasune di sebelah barat peta.

CASTLE SASUNE

Bicara pada pengawal di gerbang istana (Ingus) dan ia akan membukaka n jalan untukmu. Penghuni istana di sini juga bernasib sama dengan Kazus. Jalan saja lurus ke utara untuk menemui King Sasune. Setelah berbicara dengannya, Ingu s akan bergabung dan lengkaplah sudah party-mu kini. Sebelum melanjutkan petualangan, kamu dapat menjelajah seisi istana untuk mendapatkan Phoenix Down, 1000 gil (x2), Leather Shield, magic Blizzard. O ya, ada Bronze Knuckles juga di ruangan rahasia (dinding barat). Kedua menara is tana juga bisa kamu jelajahi. Di menara timur ada Potion, Wooden Arrow dan Bow. Sedangkan di menara barat akan terdapat musuh undead yang lemah dengan magic dan item penyembuh. Item-item yang ada di sini adalah Wooden Arrow, Holy Arrow dan Wightslayer (dijaga oleh Griffon). Puas? Sekarang pergilah menuju gua dengan dan au di depannya di sebelah timur laut istana.

Catatan: Dengan formasi party yang lengkap ini, kamu dapat memasuki kembali A ltar Cave dari awal (sebelum event Luneth jatuh ke lubang) untuk beberapa item: Leather Cap, Bronze Bracers (x2), Longsword (x2), Bronze Knuckles, magic Sleep. Sayang bila dilewatkan.

SEALED CAVE

Musuh di sini rentan terhadap magic. Bila kamu berada minimal pada l evel 8, serangan fisik juga dapat melancarkan penelusuranmu di dungeon ini. Telu suri seisi gua sambil mengambil Potion, magic Cure, dan 500 gil. Di perjalanan k amu akan bertemu Princess Sara yang kemudian ikut serta. Saat battle, secara aca k Sara akan membantu dengan magic Cure. Bisa juga bercakap-cakap dengannya (tomb ol Y) untuk sebuah informasi penting. Ambil juga Eye Drops dan Antarctic Wind di perjalanan sebelum kamu menjumpai Boss berikutnya.

Boss: Djinn Djinn lemah terhadap es, jadi bisa kamu serang dengan Blizzard atau Antarctic Wind. Lengkapi saja party dengan senjata di kedua tangan agar dapat me mbantu menghasilkan damage besar. Selain menyerang secara fisik, Djinn sesekali akan menggunakan magic Fire. Jaga agar HP-mu tidak berada di bawah 50 dengan Cur e atau Potion (jaga-jaga bila Sara tidak muncul membantumu) dan dijamin kamu aka n menang.

Saat battle berakhir, kamu akan membuka Job (Wind Crystal) pada Menu . Silahkan bereksperimen untuk mendapatkan formasi Job yang kamu suka. Saya send

iri memakai formasi Warrior, Black Mage, White Mage dan Monk. Bila sudah, kembal ilah ke Castle Sasune.

CASTLE SASUNE

Saksikan scene Princess Sara melempar Mythril Ring dimana akhirnya s emua orang kembali ke wujud normal. Temuilah King Sasune untuk mendapatkan Canoe . Kini kamu bisa melewati sungai atau danau. Temui Princess Sara di menara timur untuk say goodbye. Ambil lagi airship-mu di depanSealedCave dan pergilah ke Kaz us.

KAZUS

Refia akan menemui ayahnya dan memisahkan diri untuk sementara waktu . Laporkan misimu pada Cid dan ia akan menjadi anggota party. Sekilas info, saat battle Cid akan membantu party dengan magic Fire dan serangan fisik. Temui Refi a di rumah paling utara dan ia akan bergabung kembali. Oya, mulai kini Moogle ak an muncul (begitu pula di tiap desa/kota yang kamu kunjungi) sebagai fasilitator untuk pengiriman/penerimaansurat dan semua toko di sini juga sudah buka kembali .

Inn

: (masih) Gratis

Item Shop Potion Eye Drops Antidote : 40 : 80 : 50

Weapon Shop Mythril Rod Mythril Knife Mythril Sword : 400 : 500 : 500

Armor Shop

Mythril Armor Mythril Shield Mythril Helm Mythril Gloves Mythril Bracers

: 350 : 180 : 130 : 120 : 120

Spell Shop Fire (black) Blizzard (black) Sleep (black) : 100 : 100 : 100

Pergi ke rumah Takka untuk melengkapi airship dengan mythril. Dengan upgrade ini, batu besar diNelvValleydapat kamu hancurkan. Sebelum meninggalkan rumah, periksa guci dekat tungku untuk Potion.Adatambang mythril di utara desa i ni yang layak kamu jelajahi. Tekan tombol rahasia yang terdapat pada kayu di bar at laut untuk mendapatkan 2 Mythril Sword. Keluar dari Kazus menuju batu besar d i sebelah barat daya World Map. Jalan menuju Cannan telah terbuka meskipun sisa perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki. ^.^

CANAAN

Inn

: 40

Item Shop Potion Eye Drops Antidote Echo Herbs Gold Needle : 40 : 80 : 100 : 100 : 50

Weapon Shop Mythril Rod : 400

Mythril Knife Mythril Sword

: 500 : 500

Armor Shop Mythril Armor Mythril Shield Mythril Helm Mythril Gloves Mythril Bracers : 350 : 180 : 130 : 120 : 120

Spell Shop Cure (white) Thunder (black) Poison (black) Blind (black) : 100 : 700 : 700 : 700

Sesampainya di sini Cid akan meninggalkan party. Adarumah dengan kol am revive. Pada tangga di utara ada jalan masuk ke air. Telusuri saja sampai ke tenggara untuk Elixir. Pergi ke rumah Cid di barat laut. Istrinya sedang terbari ng sakit, jadi beri dia Elixir yang baru saja kamu dapat. Kebaikanmu membawa ber kah karena Cid menunjukkan jalan rahasia menuju hanggar dimana terdapat banyak s ekali harta! Masuki rumah di sebelah Inn untuk scene pendek yang sekaligus menjad i petunjuk tujuanmu berikutnya. Ambil juga Mallet di tumpukkan kayu dekat Jolina . Jangan lupa cek semua toko dan stok beberapa Gold Needle sebelum pergi. Pergi ke bukit tepat di timurCanaan.

DRAGON S PEAK

Beberapa musuh di sini bisa menyebabkan status petrified. Dalam perj alanan kamu dapat mengambil Phoenix Down, magic Aero dan Gold Needle. Pada punca k di barat laut kamu akan berjumpa dengan Bahamut. Saat berada di sarang naga, b icara dengan pemuda berbaju ungu (Desch). Ups, Bahamut datang lagi. Boss: Bahamut Dengan kemampuan party saat ini, mustahil untuk dapat mengalahkannya. Lari saja

darinya dan bila beruntung kamu tidak perlu

mencicipi serangannya.

Setelah scene, Desch akan bergabung dan memberimu magic Mini. Pada s aat battle, serangan fisik Desch akan cukup membantu, apalagi magic Thundara-nya . Oke, masuki hutan di depanmu.

HEALING COPSE

Di sini ada 3 kolam, yaitu restore HP-MP, revive dan status remove. Bila kamu berbicara dengan Desch, ia akan memberikan beberapa tips. Berbicara ju ga dengan satu-satunya orang di sini tentang jalan menuju Tozus yang hanya bisa dimasuki dengan status Mini. Lengkapi White Mage-mu dengan magic tersebut dan gu nakan ke seluruh anggota party. Ingat, pada saat ini kamu sangat rentan dan tida k dapat mengandalkan serangan fisik Warrior atau Monk. Seorang Black Mage (atau lebih) akan sangat berguna karena musuh hanya dapat diserang dengan magic. Kelua r dan jelajahi hutan di bagian selatan, sampai akhirnya kamu masuk ke desa kaum gnome (tidak tampak pada World Map).

TOZUS

Inn

: 80

Item Shop Potion Eye Drops Antidote Gnomish Bread : 40 : 80 : 200 (di luar Inn) : 50

Spell Shop Fire (black) Blizzard (black) Sleep (black) Thunder (black) Poison (black) : 100 : 100 : 100 : 700 : 700

Blind (black) Aero (white)

: 700 : 700

Masuki rumah di barat laut dan periksa rak buku untuk Fire Staff dan magic Fira. Di guci juga ada magic Cura. Bicara dengan Doctor Shelco dan beri d ia Antidote. Jalan menujuMiralkaBasin akan terbuka untukmu. Ambil Phoenix Down ( x2) di perjalanan dan terus saja hingga mencapai Tozus Tunnel.

TOZUS TUNNEL

Ikuti saran Desch sebelumnya untuk menyerang musuh di sepanjang tero wongan ini hanya dengan magic. Pada akhirnya kamu akan kembali ke World Map. Mas ih dalam keadaan Mini, masuki gua di dekatmu.

VIKING S COVE

Awali dulu eksplorasi di pemukiman bangsa Viking ini dengan memasuki jalan rahasia di sebelah tenggara untuk mengambil Spark Dagger.Adapintu yang me nuntunmu ke beberapa toko.

Inn

: 40

Item Shop Potion Eye Drops Antidote Gold Needle Maiden s Kiss : 40 : 80 : 100 : 100 : 50

Spell Shop Fire (black) Blizzard (black) : 100 : 100

Sleep (black) Thunder (black) Poison (black) Blind (black) Mini (white)

: 100 : 700 : 700 : 700 : 1000

Di ruangan berikutnya, ambil dulu jalan barat dan telusuri dinding d engan baik untuk 3000 gil, Viking Axe dan kolam revive. Di depan Moogle juga ada jalan rahasia menuju magic Blizzara, Fira dan Thundara. Teruskan ke arah timur dan berbicara dengan pemimpin kaum Viking untuk membuat kesepakatan. Keluar ke W orld Map dan masuki kuil di barat laut, masih tetap dalam keadaan Mini. Jangan c oba-coba mengemudikanEnterprise kalau tidak mau mati konyol.

NEPTOTEMPLE

Cek patung kepala naga bermata satu dan masuki mulutnya. Teruskan sa mpai menemui 2 lubang. Masuki dulu lubang kiri untuk Shell Armor dan Shell Helm, kemudian masuki lubang kanan untuk Serpent Sword. Akan ada lubang berikutnya ya ng membawamu ke Boss battle. Boss: Giant Rat Berhubung kamu dalam keadaan Mini, memang hanya magic saja yang dapa t kamu andalkan untuk menyerang. Boss ini juga dapat mengeluarkan Fire, Blizzard , Thunder dan serangan fisik. Biarkan White Mage menyembuhkan party secara berka la.

Nepto Eye menjadi hadiah kemenanganmu. Kembali lagi ke patung naga, pasangkan, dan kamu akan mendapat Fang of Water sebagai gantinya. Kembali lagi k e Boss Viking danEnterprisepun telah menjadi milikmu. Hore! Saatnya menjelajahi World Map lebih dalam lagi.

TOKKUL

Tokkul terletak di sebelah barat daya NeptoTemple. Beberapa rumah di sini berada dalam keadaan rusak dan para penduduknya pun ketakutan. Belum ada e vent penting di sini, tapi tidak ada salahnya berburu item gratis. Periksa saja kotak-kotak di depan beberapa rumah untuk Great Bow dan Bacchus s Cider. Masuki ru mah Elder of Tokkul di barat laut. Di perapian kamu bisa menemukan Kenpo Gi dan Serpent Sword, plus Sonic Knuckles pada guci. Pada rumah di selatan yang kamu ma suki, akan ada event pendek. Masih belum tiba saatnya berbuat sesuatu, jadi teru

skan saja singgah ke tempat-tempat lain. Bisa kamu mulai ke sebelah barat Tokkul , ada sebuah desa yang terletak benar-benar di ujung World Map.

VILLAGE OF THE ANCIENTS

Inn

: 120

Item Shop Potion Hi-Potion Gold Needle Maiden s Kiss Echo Herbs Mallet Eye Drops Antidote : 40 : 80 : 50 : 600 : 100 : 100 : 100 : 100

Weapon Shop Serpent Sword Fire Staff Ice Staff Light Staff Killer Bow Fire Arrow Ice Arrow Light Arrow : 3500 : 3500 : 3500 : 4000 : 150 : 150 : 150 : 1500

Armor Shop Shell Armor Flame Mail : 1250 : 2400

Headband Kenpo Gi Mage Robe

: 1200 : 2000 : 2000

Spell Shop Sight (white) Fira (black) Blizzara (black) Thundara (black) Cura (white) Teleport (white) Blindna (white) : 100 : 1500 : 1500 : 1500 : 1500 : 1500 : 1500

Banyak barang bagus di sini. Beli yang kamu perlukan, termasuk melen gkapi magic untuk para Mage-mu. Di salah satu rumah juga ada kolam revive.Adajug a anak yang menantangmu untuk dapat mengelilingi Floating Continent dengan Choco bo, dimana nantinya kamu akan dihadiahi Gnomish Bread bila berhasil. Bila kamu t ertarik, Chocobo bisa kamu dapatkan di Chocobo Woods, sebelah timur desa ini. Cu kup puas berada di sini, lanjut ke istana berwarna cokelat di utara Tokkul.

CASTLE ARGUS

Suasana di sini sepi sekali. Bila kamu sudah berada di ruangan denga n 4 lilin, sentuh lilin paling kanan untuk membuka jalan rahasia dan mempertebal dompetmu. Saat berada di ruangan dengan meja bundar, masuk pintu di atas bangun an timur. Bomb Fragment dan Antarctic Wind sudah menunggu. Kolam di sisi timur d an barat adalah untuk restore HP-MP dan revive yang mungkin akan kamu kunjungi l agi nanti. Oya, pada istana ini juga ada pintu-pintu yang terkunci. Kamu dapat membukanya sebagai Thief atau dengan Magic Key. Bila belum punya, kembali saja n anti. Keluar dari istana dan bersiaplah lagi untuk melanjutkan cerita dengan per gi ke barat laut. Akan ada jalan menuju barat diantara bukit. Masuki untuk jalan setapak menuju gua.

GULGAN GULCH

Bicara dengan para Gulgan untuk mendapatkan informasi. Salah seorang dari mereka akan memberikanmu magic Toad (memungkinkanmu berubah diri menjadi k atak). Ia juga mengatakan bahwa takdir Desch telah menunggu di Tower of Owen. Se belum meninggalkan tempat ini, ambil Mage Robe serta Ice dan Fire Staff melewati jalan rahasia melalui tangga di tengah. Menara tujuanmu tersebut terletak di ti mur laut Castle Argus, di sebelah barat pusaran air.

TOWEROFOWEN

Eksplorasi ruangan pertama ini sampai ada scene dimana kamu harus me njadi katak untuk bisa meneruskan perjalanan. Begitu sudah melalui rintangan ter sebut, segera berubah kembali ke wujud asal. Saat jalan dirasa buntu, tekan tomb ol rahasia pada tembok dan jalan pun akan terbuka. Terus saja mengeksplorasi men ara ini untuk item-item yang ada. Saat sudah mendapatkan Sonic Knuckles, Salaman d Sword, Flame Mail dan Zeus s Wrath, sembuhkan party sebelum memasuki pintu menuj u lantai teratas menara ini. Boss: Medusa Wanita berkepala ular ini akan menyerang dengan beberapa magic seper ti Fire, Blizzara dan Thundara. Ability Stare-nya dapat menimbulkan status petri fied, tapi seringkali miss jadi mungkin kamu tidak perlu khawatir tentang ini. S erang saja dengan serangan fisik karakter terkuatmu. Magic Blizzara juga cukup e fektif terhadapnya.

Selesai pertarungan, ada scene Desch yang ingatannya telah pulih kem bali dan menghadapi takdirnya. Bila kamu kembali keEnterprise, pusaran air telah hilang dan kamu dapat bertualang lebih jauh lagi.Ada satu desa yang bisa kamu k unjungi di daratan seberang timur Dragon s Peak.

GYSAHL

Beberapa rumah ada kolam revive, yang dengan Chocobo berisi 2 Gysahl Greens (cek guci), dan lainnya menjual Magic Key seharga 100 gil. Petunjuk tent ang memunculkan Fat Chocobo pada Chocobo Woods juga diperkenalkan di sini. Terak hir, bila ingin membeli magic, desa ini juga menyediakan beberapa.

Inn

: 120

Item Shop Gysahl Greens : 150

Spell Shop Toad (white) Mini (black) Break (black) Shade (black) Libra (white) Confuse (white) Silence (white) : 1000 : 1000 : 3000 : 3000 : 3000 : 3000 : 3000

Saatnya melanjutkan petualangan. Pergi ke pulau di sebelah baratTowe rofOwen. Ada 2 gua di sini. Masuki dulu yang di sebelah selatan.

DWARVEN HOLLOWS

Lali-ho! Setelah puas melakukan percakapan dengan beberapa dwarf, de kati yang berdiri dekat altar. Darinya kamu akan mengetahui bahwa Horn of Ice te lah dicuri oleh Gutsco. Setelah scene ini, tengok ruangan-ruangan di sebelah uta ra altar.

Inn

: 80

Item Shop Potion Hi-Potion Gold Needle Maiden s Kiss Echo Herbs Mallet Eye Drops Antidote : 40 : 80 : 50 : 600 : 100 : 100 : 100 : 100

Weapon Shop Tryfing Fire Staff Ice Staff DiamondBell Iron Arrow Holy Arrow : 2000 : 3500 : 3500 : 4500 : 8 : 10

Armor Shop Ice Armor Ice Helm Ice Shield Mage Robe Kenpo Gi : 2400 : 1200 : 1800 : 2000 : 2000

Membeli armor berelemen Ice akan cukup membantumu pada area selanjut nya. Kalau sudah, lanjut ke tangga barat daya dan siapkan magic Toad sekali lagi untuk terjun ke danau.

SUBTERRANEANLAKE

Musuh di sini rata-rata menggunakan magic dan cukup kuat. Jelajahi s aja rute yang sudah jelas sambil mengambil berbagai harta yang ada. Boss sudah m enunggu di bagian dalam danau ini. Boss: Gutsco the Rogue Serangan fisik Gutsco mungkin akan sedikit merepotkanmu. Segera semb uhkan diri bila HP kurang dari 150. Serang dengan magic-magic lv.3, Aero, dan te tap serang dengan serangan fisik. Meskipun ia akan menggunakan Cure saat HP-nya menipis, asal seranganmu konstan dia akan kalah tanpa ampun.

Horn of Ice berada di tanganmu. Kembali lagi ke dwarf (eh, ada bayan gan menguntitmu!) dan letakkan item tersebut pada altar. Gawat, Gutsco muncul la gi dan kini kedua Horn ada padanya. Tidak ada pilihan lain. Keluar dari Dwarven

Hollows dan kejar dia ke gua lain di utara pulau ini.

MOLTEN CAVE

Saya berada pada level 20 saat memasuki area ini dan kekuatan musuh cukup seimbang. Ambil Antarctic Wind di barat laut. Rintangan menghadang! Mau ti dak mau, kamu harus melewati lava. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan HP di l ayar Menu. Masih ada lagi Antarctic Wind di jalan timur sebelum kamu lanjut ke b arat. Makin banyak lagi lava di sini. Dari poin ini, ada Freezing Blade di bagian selatan setelah persimpangan. Masuki persimpangan tadi. Pada jalan utara dan selatan terdapat Phoenix Down dan Hi-Potion. Ambil jika mau dan lurus ke ba rat saja bila kamu tidak peduli dan berniat melanjutkan ke ruangan berikut. Ikuti jalan. Tangga pertama mengarahkanmu ke Impact Claws untuk Monk -mu. Ambil Phoenix Down dan aktifkan tombol batu. Sembuhkan party karena sekaran g saatnya battle versus Boss. Boss: Salamander Salamander bisa menyerang 2 kali dalam satu putaran dan ia bisa meng hasilkan damage yang berkisar 150-200-an. Serang dengan Blizzara sampai MP-mu ha bis. Saat dia mengeluarkan Fire Breath-nya, siap-siap saja untuk menghidupkan an ggota party. Untuk pencegahan, gunakan Cura pada tiap putaran.

Akhir dari Boss battle ini juga menghadiahkanmu job-job baru dari Fi re Crystal. Teleport dan kembalikan kedua Horns kepada pemiliknya. Magic Key bes erta sejumlah harta lain akan menjadi milikmu setelah berbicara dengan dwarf yan g menjaga batu besar sebelumnya di jalan tenggara. Wah, mereka terlalu baik deh. ^.^ Keluar dan saksikan scene. Saatnya kembali ke Tokkul.

Catatan: Ingat kandengan 2 pintu terkunci di Castle Argus? Dengan Magic Key in i kamu bisa membuka pintu berisi harta-harta untuk job Scholar.

TOKKUL

Saksikan scene yang bergulir dan secara otomatis akan membawa party ke lokasi berikutnya.

CASTLE HEIN

Cari orang berjubah merah dan bicara padanya. It s King Argus! Dia mem intamu untuk membereskan Hein yang menjadi dalang atas semua kekacauan ini. Perg i ke timur dan bicara pada seseorang yang terkapar. Dia akan memberimu magic Min i. Periksa dulu guci untuk restore HP-MP dan kecilkan diri untuk dapat masuk lub ang di dekat situ. Monster bertebaran di sini. Pada persimpangan, ambil jalan selatan h ingga mentok untuk Holy Arrow. Kembali lagi, ambil jalan utara untukPhoenixDown (x2). Jalan barat menuntunmu ke ruangan berikutnya. Phoenix Down lain terdapat di jalan utara. Bergerak ke arah tangga dan masuki lagi pintu-pintu di depanmu. Di ruangan selanjutnya akan kamu temukan Royal Sword (cepat equip!). Teruskan saja hingga kamu berada di ruangan terbuka . Serasa berjalan di dahan pohon raksasa. Ambil harta yang kamu temui di perjalanan. Di dalam lagi, akan ada Elixir dan Rune Bow. Dari jalan tengah ru angan ini ada jalan ke barat. Siap-siap! Boss: Hein Boss kali ini memiliki kelemahan yang bervariasi. Gempur dengan magi c-magic ra yang kamu miliki secara bergantian. Bila salah satu magic memiliki day a hancur paling hebat, teruskan usaha ini. Bantu juga dengan serangan fisik kara kter terkuatmu. Sembuhkan kebutaan karaktermu saat Hein mengeluarkan Blind. Magi c lain miliknya tidak akan menjadi masalah berarti.

Nikmati scene dimana Elder Tree akan kembali ke Living Woods dan kam u akan mendapatkan Fang of Wind. Kembali ke Castle Argus.

CASTLE ARGUS

Keadaan kembali seperti semula. Bicara pada sang raja untuk mendapat kan Wheel of Time. Untuk memodifikasiEnterprise, kamu harus menemui Cid di Canaa n.

CANAAN

Cid akan membuat Enterpriseberfungsi ganda sebagai airship! Tapi ing at, ia hanya bisa mendarat di air. Saatnya mendengarkan cerita asal-usulmu. Kelu arlah dari Floating Continent, tempat kamu berada selama ini. Setelah scene, ara hkanEnterprise ke timur laut World Map yang baru. Dekati kapal karam yang ada.

WRECKED SHIP

Masuki geladak sambil mengambil Blood Sword dan Zeus s Wrath. Bicara p ada kakek dan Priestess Aria, gadis yang terbaring di situ. Beri Aria Potion dan ia akan bergabung (membantu dengan magic Cura dan Protect). Next, ke Temple of Water.

TEMPLEOFWATER

Terdapat di benua besar sebelah timur. Di kuil ini kamu akan mengamb il Crystal Shard. Cek juga bahwa di sini juga ada kolam restore HP-MP dan revive . Keluar dan masuki gua di dekat kuil ini.

CAVEOFTIDES

Aria akan berdoa di depan pintu untuk membuka jalan. Dungeon ini cuk up panjang dan miskin item (kecuali magic Blizzaga), tapi cukup baik untuk menai kkan levelmu. Bila kamu tiba dengan genangan air di lantai, tidak jauh dari situ kamu akan melihat Water Crystal. Stop, jangan terburu nafsu. Sembuhkan party ka rena setelah scene Boss tidak akan tinggal diam. Boss: Kraken Makhluk bertentakel ini mampu mengeluarkan magic Blind dan lemah te rhadap elemen Thunder. Serang juga dengan magic terkuatmu seperti Blizzaga yang baru kamu dapat. Ingat, Aria sedang terluka jadi tidak mungkin mengandalkan bant uannya kali ini.

Setelah Kraken kalah, job dari Water Crystal akan kamu dapatkan beri kut kisah sedihnya. Lihat scene lagi tentang gempa dan lenyapnya awan hitam. Ses eorang akan mendatangi Luneth dan mengatakan sesuatu tentang Doga dan Dalg Conti nent. Lihat di mana dirimu berada setelah siuman.

AMUR

Theme song-nya bagus! Di kota kecil ini para penduduk akan memberita hukan bahwa Enterprise ditawan oleh seseorang bernama Goldor yang tinggal di pur

inya. Namun jalan ke sana terhalang oleh bottomless bog, yang hanya bisa dilalui dengan Levigrass Shoes milik Delilah. Sebelumnya cek dulu toko-toko di Amur.

Inn

: 200

Item Shop Potion Hi-Potion Gold Needle Echo Herbs Gysahl Greens Eye Drops Antidote : 50 : 600 : 100 : 100 : 150 : 40 : 80

Weapon Shop BattleAxe MainGauche Thunder Spear Selene Bow Boomerang Iron Arrow Holy Arrow Madhura Harp : 7400 : 7000 : 8000 : 16000 : 9000 : 8 : 10 : 10000

Armor Shop Viking Helm Viking Mail Heroic Shield Thief Gloves Black Garb Black Cowl : 5500 : 8000 : 3500 : 2500 : 5000 : 4000

Black Belt Gi Chakra Band

: 6000 : 4500

Bicara pada orang yang seorang diri di sebelah selatan untuk memuncu lkan scene The 4 Old Men. Lanjutkan dengan menemui Old Man Gill di rumah sebelah timur dan dia akan membukakan jalan menuju Sewers. Santai, telusuri dulu jalan sungai untuk naik ke daratan, baik yang di sebelah barat laut maupun timur laut. Bila kamu teliti akan ada Black Cowl, Thief Gloves, Black Garb dan Gysahl Green s (x4) yang bisa kamu ambil. Urusan selesai. Siapkan beberapa Antidote dan masuk i Sewers.

SEWERS

Musuh di sini bisa memberikanmu status Poison. Tak lama akan muncul scene dimana The 4 Old Men sedang dalam bahaya. Siapa lagi kalau bukan kamu yang menolongnya? Boss: 4 Gigantoads Awas terhadap serangan beracunnya. Serangan fisik Warrior dan Monk c ukup untuk membereskan mereka.

Pada ruangan berikut, masuki dulu celah di bagian barat untuk item-i tem, baru kemudian kembali dan temui Delilah di jalan utara dalam ruangan lain s etelah tangga. Begitu Levigrass Shoes kamu dapatkan, otomatis kamu akan di-telep ort ke Amur. Siapkan diri karena saatnya menuju ke bagian selatan benua ini. Aba ikan saja dataran dengan 4 patung-patung yang mengapit jalan karena game akan la ngsung berakhir. Rumah setelah rawa ungu itulah tujuanmu.

GOLDOR MANOR

Saya menyarankan agar kamu setidaknya berada pada level 25 bila tida k ingin mengalami kesulitan. Semua sisi bangunan di puri ini bernuansa emas. Pad a ruangan ini akan ada 4 ruangan yang terkunci pintunya. Tidak usah repot-repot membuka semua karena hanya ruangan timur laut saja yang penting. Abaikan dulu un tuk saat ini dan lanjutkan dulu ke ruangan selanjutnya. Banyak peti berisi Golden Sword dan salah satunya juga ada Wyvern Cl aws. Semua pedang tersebut dapat kamu jual nantinya untuk menambah gil-mu. Bila sudah, kembali ke ruangan yang saya singgung sebelumnya dan ikuti jalan untuk me mberi perhitungan dengan si pemilik puri ini.

Boss: Goldor Confuse, Silence dan Thundara akan digunakannya untuk menyerangmu. T enang, gempur saja dengan Blizzaga dan serangan fisik. Dia pasti kalah kok.

Chain Key yang kini di tanganmu berfungsi untuk melepas belengguEnte rprise. Sesudah itu, singgahlah dulu ke beberapa tempat yang mungkin dapat menar ik minatmu untuk berbelanja. Mulailah dulu ke desa yang terletak pada pulau keci l di bagian tengah Map.

DUSTER

Inn

: 320

Item Shop Hi-Potion Gold Needle Maiden s Kiss Echo Herbs Mallet Eye Drops Antidote Gysahl Greens : 40 : 80 : 150 : 600 : 100 : 100 : 100 : 100

Weapon Shop DiamondBell Madhura Harp Loki Harp LamiaHarp Dream Harp : 4500 : 10000 : 10000 : 12000 : 12000

Armor Shop Gaia Vest : 7600

Bard Vest Feathered Hat Rune Bracers

: 5500 : 6000 : 5000

Berbahagialah untuk job Bard yang banyak mendapatkan weapon baru di sini. Feathered Hat adalah pilihan yang baik karena akan cukup lama hingga kamu mendapatkan armor yang lebih baik lagi sebagai pelindung kepala.

REPLITO

Di bagian utara benua besar di baratlah desa ini berada. Jika kamu p enggemar summon, ini adalah saat yang tepat menjadi Evoker dan menghabiskan bebe rapa gil di sini.

Inn

: 200

Item Shop Hi-Potion Gold Needle Echo Herbs Eye Drops Antidote Ottershroom Gysahl Greens Gnomish Bread : 600 : 100 : 100 : 40 : 80 : 2000 : 150 : 200

Spell Shop Escape (Chocobo) Icen (Shiva) Spark (Ramuh) Heatra (Ifrit) : 1000 : 7000 : 7000 : 7000

Hyper (Titan)

: 7000

Beres sudah. Sekarang pergi ke Saronia, area kelabu di timur benua i ni pula. Mulailah dahulu dengan mengunjungi istana dan memicu event. Tidaaak,Ent erprise!!!

CASTLE SARONIA

Sepertinya sesuatu yang runyam sedang terjadi. Saat ini tidak ada ya ng bisa kamu lakukan, jadi keluar dari halaman istana dan cek kota-kota di sekit arnya.

NORTHWESTERN SARONIA

Beberapa toko dapat kamu kunjungi, tapi lainnya masih tutup untuk sa at ini (begitu juga untuk 3 bagiankotaSaronia lainnya).

Inn

: 320

Item Shop Hi-Potion Gold Needle Maiden s Kiss Echo Herbs Mallet Eye Drops Antidote Gysahl Greens : 40 : 80 : 150 : 600 : 100 : 100 : 100 : 100

SOUTHWESTERN SARONIA

Pada rumah timur, bicara pada laki-laki yang ada untuk memunculkan F at Chocobo. Silahkan simpan item di perutnya jika berminat. Masuki rumah di sebe lah timur laut. Adascene dimana kamu harus menolong seseorang dan bertarung memb elanya. Boss: 3 Gold Knights Musuh yang pastinya sudah tidak asing lagi bagimu. Yup, sama dengan yang pernah kamu temui di Goldor Manor. Mereka menyerang juga dengan Thunder, ta pi kamu pasti bisa mengatasinya, bukan?

Terungkaplah bahwa orang yang kamu tolong ternyata adalah Alus, sang putera mahkota Saronia. Ia akan bergabung dan dalam battle akan membantu party dengan magic Aero dan Confuse.Adajalan lewat air menuju kakek di tengah area yan g akan memberimu Dragon Mail.

SOUTHEASTERN SARONIA

Langsung saja masuk ke menara di tengahkotaini untuk masuk ke dalam Dragon Spire. Sambil bertarung dengan monster yang kamu temui, ambil semua harta yang ada di puncak. Bila sudah kamu sikat habis, saya menyarankan kamu mengubah job 2 anggota party menjadi Dragoon untuk persiapan melawan Boss nantinya. Tena ng, tidak perlu membeli item untuk weapon dan armor karena kamu baru saja mendap atkannya. Jangan lupa untuk membiasakan para Dragoon baru tersebut hingga status nya normal.

NORTHEASTERN SARONIA

Inn

: 320

Item Shop Hi-Potion Gold Needle Echo Herbs Eye Drops Antidote Ottershroom Gysahl Greens : 600 : 100 : 100 : 40 : 80 : 2000 : 150

Gnomish Bread

: 200

Weapon Shop Thunder Spear Wind Spear : 8000 : 10000

Kalau ternyata persediaan senjata untuk Dragoon-mu kurang, bekali di kotaini. Beristirahatlah di Inn jika perlu dan pergi kembali ke istana.

CASTLE SARONIA

Dengan Alus pada party, kamu akan mendapatkan ijin memasuki istana. Saksikan semua scene hingga Gigameth turun tangan dan saatnya Boss battle. Saya rekomendasikan untuk berada pada level 28 agar pertarungan seimbang. Boss: Garuda Bila sudah ada setidaknya 2 Dragoon, gunakan ability Jump setiap kal i tiba giliran mereka untuk menyerang. Dengan begitu serangan Lightning milik Ga ruda yang cukup berbahaya dapat dihindari. Black Mage dapat membantu melancarkan magic-magic terkuat dan White Mage (bila ada) tetap mengeluarkan Aero dan Cura pada tiap putaran.

Seiring dengan Alus yang cerita menjadi raja, seisi istana dapat kam u jelajahi. Bicara dengan semua orang untuk informasi dan petunjuk lain menuju h arta di dalam istana. Pada ruangan dengan 2 tempat tidur, raba dinding timur men uju jalan rahasia menuju sejumlah harta. Masih ada lagi di selatan, saat ruangan terlihat buntu, ada tombol rahasia di dinding timur yang pastinya berhadiah don g. Turunlah ke lantai dasar. Pada menara timur, para ilmuwan Saronia ak an memberikan alat transportasi baru untukmu bernama Nautilus. Masuki menara bar at untuk berbicara dengan salah satu Black Mage yang akan memberitahukan tujuan selanjutnya, yaitu Dalg Continent. Angin besar yang menghalangi benua ini akan d apat kamu lewati dengan Nautilus. Sebelumnya kunjungi kembali 4kotadi Saronia ya ng telah berfungsi seperti sedia kala. Banyak toko yang belum kamu singgahi loh.

NORTHWESTERN SARONIA

Spell Shop

Fira (black) Blizzara (black) Thundara (black) Cura (white) Teleport (white) Blindna (white)

: 1500 : 1500 : 1500 : 1500 : 1500 : 1500

Kamu bisa membaca sejumlah informasi di perpustakaankota. Beberapa f akta menarik akan dapat kamu temukan disana.

SOUTHWESTERN SARONIA

Armor Shop Rune Bracers Gaia Vest Scholar Robe Scholar Hat : 5000 : 7600 : 5500 : 7500

SOUTHEASTERN SARONIA

Perbedaan dengan saat terjadi perang saudara hanya ada pada kemuncul an Moogle. Selebihnya sama saja.

NORTHEASTERN SARONIA

Spell Shop #1 Thundaga (black) Raze (black) Erase (black) : 5000 : 5000 : 5000

Curaga (white) Raise (white) Protect (white)

: 5000 : 5000 : 5000

Spell Shop #2 Break (black) Blizzaga (black) Shade (black) Libra (white) Confuse (white) Silence (white) : 3000 : 3000 : 3000 : 3000 : 3000 : 3000

Weapon Shop #2 Fire Rod Ice Rod Light Rod Golem Staff Rune Staff Wizard Rod : 10000 : 10000 : 10000 : 13500 : 18000 : 20000

Item Shop Hi-Potion Gold Needle Echo Herbs Eye Drops Antidote Ottershroom Gysahl Greens Gnomish Bread : 600 : 100 : 100 : 40 : 80 : 2000 : 150 : 200

Waktunya untuk meneruskan perjalanan dengan kendaraan baru. Pergi ke benua di sebelah selatan. Lewati angin kencang dengan kecepatan super Nautilus dan masuki rumah di situ.

DOGA S MANOR

Sesaat setelah memasuki puri ini, kamu akan bertemu dengan Doga yang kemudian bergabung denganmu. Doga memiliki magic Flare dan Firaga yang akan san gat membantu dalam battle. Masuki puri lebih dalam lagi dan bicara dengan para M oogle. Beberapa dari mereka juga membuka toko.

Item Shop Hi-Potion Gold Needle Maiden s Kiss Echo Herbs Mallet Eye Drops Antidote Gysahl Greens : 40 : 80 : 150 : 600 : 100 : 100 : 100 : 100

Spell Shop Firaga (black) Bio (black) Warp (black) Aeroga (white) Stona (white) Haste (white) Curaga (white) Raise (white) : 10000 : 10000 : 10000 : 10000 : 10000 : 10000 : 5000 : 5000

Adalilin di sebelah timur dimana kamu bisa gunakan Gysahl Greens untu k memunculkan Fat Chocobo. Pada lantai teratas di kamar Doga, gunakan meja dan g

uci untuk revive dan restore HP-MP. Rubah diri menjadi Mini dan sentuh lilin unt uk membuka jalan rahasia.

CAVE OF THE CIRCLE

Ingat, sekali lagi kamu dalam keadaan Mini, jadi lari saja atau guna kan magic untuk menghadapi musuh. Di akhir tiap area kamu tinggal teleport saja hingga ada scene Doga memantrai Nautilus. Pesawatmu itu kini dapat menyelam ke b awah air (tekan tombol B). Tugasmu selesai, kembalilah ke World Map. Sebelum melanjutkan ke tujuan berikut, masih pada Doga s Continent ini , menyelamlah dari sisi timur benua. Di dalam laut kamu akan melihat cekungan ja lan ke barat. Ikuti saja sampai mentok dan naik kembali ke permukaan. Masuki des a dekat danau tempat kemunculanmu.

DOGA S VILLAGE

Desa ini dihuni oleh Black Mage. Tapi yang terpenting adalah cek mer eka semua untuk menemukan magic-magic yang dapat kamu beli.

Spell Shop #1 Fira (black) Blizzara (black) Thundara (black) Cura (white) Teleport (white) Blindna (white) : 1500 : 1500 : 1500 : 1500 : 1500 : 1500

Spell Shop #2 Break (black) Blizzaga (black) Shade (black) Libra (white) Confuse (white) : 3000 : 3000 : 3000 : 3000 : 3000

Silence (white)

: 3000

Spell Shop #3 Quake (black) Breakga (black) Drain (black) Curaja (white) Esuna (white) Reflect (white) : 20000 : 20000 : 20000 : 20000 : 20000 : 20000

Spell Shop #4 Thundaga (black) Raze (black) Erase (black) Curaga (white) Raise (white) Protect (white) : 5000 : 5000 : 5000 : 5000 : 5000 : 5000

Spell Shop #5 Firaga (black) Bio (black) Warp (black) Aeroga (white) Stona (white) Haste (white) Curaga (white) Raise (white) : 10000 : 10000 : 10000 : 10000 : 10000 : 10000 : 5000 : 5000

Spell Shop #6 Escape (Chocobo) : 1000

Icen (Shiva) Spark (Ramuh) Heatra (Ifrit) Hyper (Titan)

: 7000 : 7000 : 7000 : 7000

SUNKEN CAVE

Gua ini terletak di bawah laut pulau segitiga di bagian tenggara Wor ld Map. Masuki saja untuk mendapatkan banyak sekali harta. Pada ruangan kedua te rdapat jalan rahasia pada dinding barat untuk 4 peti harta lagi yang dijaga oleh monster. Selesai menguras habis semuanya, keluar dan pergilah ke bagian paling selatan benua Saronia.Adatanjung yang berbentuk seperti 2 tanduk (Cape Twin Horn ). Menyelamlah diantara kedua tanduk itu.

TEMPLEOFTIME

Siapkan banyak Magic Key terlebih dahulu atau cukup jadikan Thief se bagai pemimpin party karena akan ada banyak pintu terkunci (beberapa pastinya be rhadiah) dan memang harus kamu masuki untuk meneruskan perjalanan. Tujuanmu di s ini hanya satu, dapatkan Noah s Lute. Bila sudah, kembali ke World Map dan pergi ke bagian utara tanjung. Masuki gua yang kamu temui.

UNEI S SHRINE

Dengan Noah s Lute yang kamu miliki, Unei pun akan terbangun. Ia akan memberimu Fang of Fire dan bergabung dengan party. Nanti pada saat battle, Unei akan membantu dengan magic Holy dan Haste. Keluarlah dan pergi ke bagian barat S aronia. Sambil terbang menyusuri sungai, masuki gua pada daratan sebelah utara.

ANCIENT S RUINS

Beberapa musuh yang kamu temui di sini akan menggandakan dirinya. Sa ksikan scene Unei membuka jalan yang terhalang oleh adamantite. Pada ruangan den gan para Scholar, periksa pintu-pintu yang ada untuk Shop.

Inn

: 200

Item Shop Hi-Potion Gold Needle Maiden s Kiss Echo Herbs Mallet Eye Drops Antidote Gysahl Greens : 40 : 80 : 150 : 600 : 100 : 100 : 100 : 100

Weapon Shop Defender Blood Lance Medusa Arrow : 28000 : 28000 : 300

Armor Shop Diamond Shield Diamond Helm White Robe Black Robe Diamond Mail Diamond Bracers Diamond Gloves : 18000 : 20000 : 27000 : 27000 : 32000 : 10000 : 10000

Jelajahi terus dungeon hingga sampai pada scene dimana kamu akan men dapatkan transportasi terhebat pada game ini. Yeah!

THE INVINCIBLE

Tangga ke bawah membawamu turun dari pesawat. Tekan A untuk di depan kemudi untuk mengendalikannya. Saat mengemudikan, kamu bisa melewati bukit-buki t kecil dengan menekan A. Tombol B membawamu kembali ke dalam pesawat. Bila terj adi battle saat sedang menjalankan pesawat, kamu juga akan dibantu oleh Fire Sup port. Hoho, tidak hanya itu saja. Kamu juga bisa beristirahat, memanggil Fat Cho cobo, dan berbelanja.

Spell Shop Quake (black) Breakga (black) Drain (black) Curaja (white) Esuna (white) Reflect (white) : 20000 : 20000 : 20000 : 20000 : 20000 : 20000

Weapon Shop Sleep Arrow Poison Arrow Medusa Arrow Magic Arrow Dark Knife Rune Axe Dragon Lance : 200 : 200 : 300 : 250 : 30000 : 35000 : 45000

Armor Shop Diamond Shield Diamond Helm Diamond Mail Diamond Bracers Diamond Gloves White Robe : 18000 : 20000 : 32000 : 10000 : 10000 : 27000

Black Robe Gaia Vest

: 27000 : 7600

Item Shop Potion Hi-Potion Gold Needle Echo Herbs Eye Drops Antidote Ottershroom Gysahl Greens : 50 : 600 : 100 : 100 : 40 : 80 : 2000 : 150

Oke, sekarang pergi ke barat daya Saronia. Bila kamu melihat bukit y ang bisa dilalui di selatan, masuki saja. Ikuti jalur untuk menemukan pemukiman selanjutnya.

FALGABARD

Para Dark Knight bermukim di sini.Adakolam revive pada salah satu ru mah. Lewati jalan air hingga berujung pada batu besar yang dapat kamu naiki. Per iksa sekeliling untuk beberapa item tersembunyi. Kunjungi toko-toko yang menjual beberapa barang baru, penting bila kamu memilih job Dark Knight.

Inn

: 640

Item Shop Hi-Potion Gold Needle Echo Herbs Eye Drops Antidote : 600 : 100 : 100 : 40 : 80

Ottershroom Gysahl Greens Gnomish Bread

: 2000 : 150 : 200

Weapon Shop Ashura Yoichi Bow Yoichi Arrow Demon Axe : 16000 : 42000 : 500 : 40000

Armor Shop Demon Mail Demon Shield : 25000 : 12500

Spell Shop Fira (black) Blizzara (black) Thundara (black) Cura (white) Teleport (white) Blindna (white) : 1500 : 1500 : 1500 : 1500 : 1500 : 1500

Masuki gua yang ada di sebelah utara. Seperti di dalam Ancient Ruins , musuh di sini akan menggandakan diri. Pilihan tepat untuk mengganti job sebaga i Dark Knight. Ambil Blessed Hammer dan lewati jalan di dinding timur. Masih ada Demon Mail juga Ashura dan Kotetsu pada dinding timur lainnya. Keluar dari gua. Kalau kamu ingin mendapatkan salah satu senjata terkuat untuk Dark K night, masuki jalan rahasia di sebelah barat air terjun menuju gua lainnya. Kamu akan melawan Boss rahasia. Boss: Shinobi Tidak terlalu sulit. Serangannya bisa menimbulkan status Poison dan Blind. Serang saja sambil tetap memperhatikan HP party secara keseluruhan. Menan g darinya maka kamu akan mendapatkan Kiku-Ichimonji.

Urusanmu di Falgabard selesai. Sekarang pergi ke utara Amur. Masuki jalan lewatpadangpasir yang luas. Akan ada banyak bukit yang menghalang tapi kin i kamu sudah bisa melewatinya, bukan? Setelah lompat sana-sini, kamu akan menemu i sebuah gua. Masukilah.

CAVEOFSHADOWS

Gunakan job Dark Knight karena senjata mereka sangat terpakai dalam dungeon yang cukup membingungkan ini. Di ruangan pertama, ada jalan rahasia di d inding timur menuju Black Musk. Ambil Dark Claws di rute utama dan bicara pada D ark Knight disanayang akan memberimu Kotetsu. Berikutnya ada Tranquilizer dan Li lith s Kiss, juga Genji Gloves dan Kiku-Ichimonji pada jalan rahasia. Pada ruangan dengan bentuk yang berbeda dengan sebelumnya, ambil Gen ji Shield dan Genji Helm. Tidak ketinggalan pula Genji Armor pada jalan rahasia di sebelah timur ruangan berikutnya. Fang of Earth dan Boss sudah menunggu. Boss: Hecatoncheir Saya menghadapinya pada level 36. Yang perlu diwaspadai mungkin hany a magic Quake-nya yang cukup berbahaya. Jaga terus kondisi White Mage sebagai ta bib dalam party, karena Hecatoncheir menyerang dua kali berturut-turut.

Selesai battle, keluar dari gua ini. Kembali ke Doga s Manor dengan Na utilus. Muncul lingkaran teleport baru. Masukilah.

DOGA S GROTTO

Saya memiliki 3 penyerang fisik dan White Mage saat memasuki tempat ini. Ikuti jalur dan ambil 10000 gil (x2) yang ada. Saat percabangan jalan, ambi l dulu jalan barat dan ambil semua harta pada ruangan utara. Tidak ada apa-apa d i ruangan selatan, jadi kembali saja lagi ke percabangan dan ambil jalan timur. Ambil beberapa item pada ruangan yang ada dan terus saja hingga kamu tiba di ant ara air terjun. Penuhi dulu HP karena setelah scene kamu akan melawan 2 Boss tan pa jeda. Boss: Doga Ia akan mengeluarkan beberapa magic seperti Drain, Firaga dan Thunda ga. Jangan tunda lama-lama untuk menyembuhkan party, lakukan sesegera mungkin. Boss: Unei

Dia lebih kuat dari Doga. Kamu akan diserang dengan magic Tornado, A eroga, ataupun Holy. Tetap utamakan magic-magic penyembuh dari White Mage sebelu m kamu menyesal. Sesekali Unei juga akan mengeluarkan Haste dan Protect pada dir inya. Mungkin dalam pertarungan ini kamu harus merelakan beberapa Phoenix Down, tapi itu tidak mengapa.

Eureka Key akan kamu dapatkan setelah menang. Dengan ini kamu bisa l angsung menuju ke bagian barat lautpadangpasir di tengah benua timur.Ada4 pasang patung yang mengapit jalanmu, tapi kini kamu sudah bisa melewati mereka semua t anpa terbunuh. Terus saja hingga kamu berada pada area yang cukup luas dengan hu tan di sekelilingnya. Masuki pintu pada gerbang besar yang mengelilingi menara b iru.

ANCIENT S MAZE

Begitu masuk, langsung masuki pintu di utara. Kristal terakhir tepat berada di hadapanmu. Ups, sepertinya ada yang tidak menyukai kehadiranmu. Boss: Titan Tidak hanya desain yang mirip dengan Hecatoncheir, Titan juga bisa m enyerang dengan Quake. Kerahkan para penyerang fisik dan gempur dengan magic-mag ic terkuatmu. Setelah menang, akhirnya kelompok job terakhir pun kamu dapatkan.

Dungeon ini sedikit berliku namun dijamin rutenya dapat kamu ikuti t anpa masalah. Jangan lewatkan semua harta yang ada saat mengeksplorasi tempat in i. Beberapa ruangan memiliki pintu yang agak gelap di sebelah timur laut untuk d apat menuju ruangan berikutnya. Bila sudah berada di World Map lagi, inilah poin terakhir dimana kamu dapat melakukan Save (selanjutnya hanya fungsi Quicksave s aja yang bisa).

CRYSTALTOWER

Pada menara bernuansa biru ini, terus saja naik dan berjalan ke utar a. Masuki ruangan di tengah kolam dan dekati dinding yang berornamen bola krista l. Adascene dimana kamu menggunakan Eureka Key untuk bisa teleport melalui lingk aran yang muncul. Area ini memang tidak wajib, tapi bagi kamu yang bernafsu ingi n melawan beberapa Boss rahasia, mendapatkan beberapa senjata terkuat dan membel i magic-magic level akhir, maka menjelajahinya menjadi suatu keharusan.

THE FORBIDDEN LAND,EUREKA

Ambil semua harta di jalan hingga ruangan berikut.Ada2 jalan barat d an timur, dimana masing-masingnya terdapat ruangan utara yang berisi harta. Raih semuanya. Pada pertemuan kedua jalan tersebut, ada jalan kecil menuju Ribbon di tengah-tengah (awas, dijaga monster!). Lagi-lagi percabangan, lewati dulu yang barat daya untuk Shuriken lalu tenggara untuk ke ruangan berikut. Di ruangan ini harta bisa kamu ambil sambil jalan. Pada ruangan beri kut akan ada altar. Sembuhkan party dan cek altar tersebut untuk scene. Boss: Amon Level saya 55 saat melawannya. Boss ini mengeluarkan Blizzaga dan Th undaga. Jangan mau kalah, balas juga dengan semua magic terdahsyat yang kamu mil iki. Sembuhkan party pada tiap putaran. Tenang, tidak perlu takut MP-mu akan ter kuras habis di sini. Mulai saat ini, setiap kemenangan atas pertarungan Boss aka n memulihkan semua MP. Menang dari Amon kamu akan mendapatkan Moonring Blade (se njata kuat untuk ability Throw milik Ninja).

Akan ada percabangan lagi di depan. Masuki jalan barat dulu untuk Om nirod (senjata terkuat bagi Magus) dan lanjut ke timur untuk altar selanjutnya. You know what to do. Boss: Kunoichi Ninja wanita ini memiliki serangan fisik yang dapat menimbulkan bera gam status seperti Poison dan Blind. Saat menggunakan Haste pada dirinya, ia bis a menyerang sebanyak 3 kali tiap putaran, jadi cepat netralisir dengan Erase. Me nang darinya maka kamu mendapatkan Masamune untuk Dark Knight.

Kembali ke percabangan dan kini lewati jalan selatan. Ambil juga Pho enix Down sebelum naik tangga. Lewati jembatan reot dan abaikan dulu jalan utara yang kamu temui. Berjalan pada jalan setapak ke timur hingga melihat altar deng an Excalibur, si pedang legendaris. Boss: General Boss ini mengandalkan serangan fisiknya yang memang cukup kuat. Guna kan Protect bila perlu dan serang saja dia dengan magic-mu, terutama Quake. Bila kamu memiliki Black Belt, lakukan Boost dan serang pada 2 putaran berikutnya. H al ini cukup efektif. Setelah General kalah, Excalibur pun kamu dapatkan. Gunaka n pada Knight-mu.

Sekarang masuki jalan utara yang sebelumnya kamu acuhkan. Di depanmu terlihat lingkaran teleport dan jalan barat-timur. Kedua jalan tersebut sama-sa ma membawamu ke altar dengan senjata-senjata cool. Oke, ke barat dulu saja. Disa na sudah menunggu Elder Staff yang dijaga oleh

Boss: Scylla Makhluk berkepala serigala ini bisa mengeluarkan Firaga, Blizzaga, F lare dan menyembuhkan diri dengan Curaja. Serangan fisiknya juga bisa membuat Pe trified. Seperti biasa, gempur dengan magic dan serang terus dengan Knight, Blac k Belt, atau penyerang manapun yang kamu miliki. Hadiahkan Elder Staff kepada De vout-mu begitu menang.

Sekarang ke jalan timur. Pedang Ragnarok telah menunggumu di atas al tar. Hadapi Boss terakhir diEureka. Boss: Guardian Hati-hati, serangan fisiknya bisa membuatmu Confused. Kalau sudah be gitu, gunakan Esuna secepat mungkin. Serangan Tornado-nya juga berbahaya. Bila i a mengeluarkan Reflect pada dirinya, hapus dengan Erase. Jaga terus kesehatan Wh ite Mage-mu karena untuk kesekian kalinya ia akan menyelamatkanmu. Berikan hadia h atas kemenangan ini pada Knight.

Melangkahlah menuju lingkaran teleport. Ambil semua harta yang ada d an bicaralah pada 2 orang disana. Toko-toko termahal dengan barang terbagus dala m game ini ada pada mereka.

Spell Shop #1 Flare (black) Death (black) Meteor (black) Tornado (white) Arise (white) Holy (white) : 60000 : 60000 : 60000 : 60000 : 60000 : 60000

Spell Shop #2 Catastro (Odin) Leviath (Leviathan) Bahamur (Bahamut) : 40000 : 50000 : 60000

Lewati tembok timur untuk jalan rahasia menuju penjual yang terakhir . Dia menjual Shuriken yang sangat penting untuk Ninja-mu (dengan Throw dapat me nghasilkan damage sampai 9999!). Saya sarankan untuk membelinya di atas 10 bila kamu punya banyak gil.

Item Shop Shuriken Crystal Shield Crystal Mail CrystalGloves Crystal Helm Apollo Harp : 50000 : 60000 : 65500 : 50000 : 50000 : 50000

Urusanmu di tanah terlarang ini telah selesai. Gunakan Exit untuk ke luar dan kembali lagi keCrystalTower.Adabaiknya kamu memodifikasi job pada party -mu lagi dengan menyertakan anggota penyembuh di dalamnya. Sekedar informasi, sa ya menggunakan formasi Knight, Magus, Devout dan Ninja hingga akhir game.

CRYSTALTOWER

Naiki tangga utama dan jalan dulu ke arah timur. Dapatkan Lilith s Kiss di bel akang kolam. Selebihnya tinggal ambil semua harta yang ada di sini. Kembali lagi ke tangga utama bila sudah. Sekarang pergilah ke barat dan periksa sisi lain di belakang kolam untuk Chocobo s Wrath. Ambil juga White Musk dan Fuma Garb di bawa h. Cek tembok berornamen (seperti pintu menuju Eureka) untuk lanjut ke ruangan b erikutnya. Rute di sini sudah jelas. Jangan lewatkan semua item di sepanjang perjalanan menuju ruangan berikutnya. Di ruangan ini, langsung saja ke timur karena hanya ada jalan buntu di barat . Lewati gapura dan jalan saja terus hingga berganti ruangan. Setelah mendapatkan Phoenix Down, cek dinding barat dimana terdaapt jalan ra hasia. Telusuri saja, ambil Shuriken dan masuk ke ruangan selanjutnya. Tersedia 2 Elixir danPhoenixDown di sini. Masuki pintu di utara jalan meling kar. Masuki lagi ruangan yang berada tepat di depanmu. Bergeraklah ke timur (karena di barat hanya jalan buntu) melewati gapura dan ikuti saja jalan yang berkelok-kelok. Saat kamu melihat belokan di utara, masuk i saja karena tidak akan ada apa-apa pada jalan barat. Ambil Phoenix Down dan Crystal Mail di ujung jalan barat dan timur. Lanjutka n ke tangga yang terletak persis di utara tangga kamu masuk ke ruangan ini. Dari kemunculanmu, ambil Crystal Gloves dan Crystal Shield pada jalan barat dan PhoenixDown dan Crystal Helm pada jalan timur. Lanjutkan menaiki tangga tepa t di utara tangga masuk. Di dalam ruangan tersebut, sembuhkan party sebelum meme riksa cermin di tengah ruangan. Setelah scene yang cukup panjang dan kamu dapat mengontrol karaktermu lagi, majulah untuk melawan figur yang selama ini disebutsebut. Boss: Xande

Seperti semua Boss yang sudah-sudah, Xande akan menyerang 2 kali dal am tiap putaran. Ia menyerang dengan Blizzaga dan Meteor yang cukup berbahaya. S tandar saja, gunakan magic-magic terkuatmu dan serangan fisik para petarung, sam bil tetap menyembuhkan party secara teratur. Seperti yang sudah saya singgung, M P akan dipulihkan setelah battle, jadi gila-gilaan saja dengan Magus dan Devoutmu. Saya mengalahkannya pada level 57.

Akan ada scene lagi yang muncul. Seperti bisa diduga, Xande bukanlah boss terakh ir. Dalang dari semua ini akan menampakkan wujudnya. Boss: Cloud of Darkness (bag.1) Pertarungan yang sia-sia. Jangan keluarkan magic atau buang item apa pun di sini. Apapun yang terjadi, skenario tetap mengharuskanmu untuk kalah.

Saksikan scene kebangkitanmu. Begitu party dapat kamu kontrol, masuklah ke dalam lubang hitam untuk menjelajahi dunia kegelapan.

WORLD OF DARKNESS

Kamu berada di atas bidang berbentuk huruf X dengan 5 lingkaran teleport: satu d i tengah dan keempat lainnya ada di ujung tenggara, barat daya, barat laut dan t imur laut. Sedikit penjelasan, teleport tengah akan langsung membawamu ke Final Boss dan 4 lainnya menuju Boss pilihan. Bila keempat Boss pilihan kamu kalahkan, hal ini akan berdampak pada HP Final Boss yang menjadi berkurang. Semua tersera h kamu kok. Anyway, saya akan menjelaskan panduan melawan keempat Boss pilihan t ersebut. Pergilah dulu ke jalan tenggara. Di sini kamu akan melihat peti berisi Ribbon, namun ia dijaga oleh Xande s Clone. Teruskan saja hingga kamu menemui lingkaran teleport lainnya. Masuk dan sembuhka n party. Adascene pertemuan dengan Warrior of the Dark yang terperangkap di dala m Dark Crystal. Bersiaplah! Boss: Ahriman Sosoknya familiar, bukan? Ia dapat mengeluarkan Thundaga dan menyemb uhkan diri dengan Curaja. Serang dengan magic Tornado dan lainnya, sambil tetap menjaga HP.

Saksikan scene setelah menang dan kembali lagi ke area X. Pergilah ke barat daya . Setelah teleport, berjalanlah ke arah barat dan telusuri awan ungu pada jalan paling pojok di utara yang akan membawamu ke Ribbon dan Xande s Clone. Bila sudah, masuki jalan utara lain yang berada tepat di sebelah timur jalan ini untuk ling karan teleport berikutnya dimana Boss berikutnya berada.

Boss: Echidna Serangannya berupa magic Drain, Tornado dan Quake. Hadiahkan saja ia dengan Flare milik Magus-mu dan serangan-serangan fisik seperti biasa.

Setelah kembali ke area X, masuki jalan barat laut. Rute di sini cukup jelas. Ad a Ribbon seperti yang sudah-sudah dan teleport menuju Boss di akhir perjalanan. Boss: Cerberus Anjing berkepala 3 yang menyerang 3 kali tiap putaran ini menyerang dengan Firaga dan Blizzaga. Serangan fisiknya bisa mencapai 1000, jadi jangan sa mpai lengah memanfaatkan Devout-mu. Flare masih efektif.

Lalui jalur timur laut yang belum sempat kamu kunjungi. Masih ada Ribbon terakhi r sebelum lingkaran teleport Boss. Boss: Two-headed Dragon Boss ini hanya menyerang secara fisik, namun meskipun demikian damag e-nya bisa mencapai diatas 1300, jadi tetap perlu berjaga-jaga. Bukan masalah be sar dengan strategi yang sebelumnya.

Tinggal satu lingkaran lagi yaitu yang di tengah. Masukilah dan pada area ini, k amu hanya perlu menelusuri garis-garis ungu yang muncul satu-persatu. Lingkaran teleport lain menunggu di akhir perjalanan. This is it. Oke, cek dulu HP party, lengkapi semua dengan 4 Ribbon yang sudah kamu dapat, tempatkan semua pada bagia n belakang barisan, dan bila ada Devout dan Ninja dengan sedikitnya 12 Shuriken akan sangat membantu. Lakukan teleport, berjalanlah di atas bintang yang bertabu ran, lalu cek cahaya putih. Saksikan scene yang muncul. Bila kamu telah mengalah kan keempat Boss pilihan, para Warriors of the Dark akan membantu mengurangi HP Final Boss. Bersiaplah untuk pertempuran panjang. Final Boss: Cloud of Darkness (bag.2) Semoga levelmu paling tidak sudah mencapai 60. Wujudnya masih sama s eperti sebelumnya dimana kedua tentakel masih setia menemaninya. Abaikan saja me reka dan fokuskan seranganmu hanya kepada Cloud of Darkness. Ia dapat menyerang sebanyak 3-4 kali dalam tiap putaran, karena itu tetap sembuhkan party dengan Cu raga/Curaja pada tiap putaran untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin te rjadi. Ia juga akan melempar Haste pada dirinya, tapi hal ini tidak akan terlalu berpengaruh. Serangan Bad Breath-nya dapat menimbulkan berbagai status yang cuk up gawat bila kamu tidak memakai Ribbon. Dan yang paling mengerikan adalah seran gan Lightning dan Particle Beam-nya yang mungkin dapat menewaskan anggota party. Hidupkan mereka dengan Arise sambil memperhatikan timing kapan harus mengeluark an Curaga/Curaja. Knight bisa terus menyerang dengan serangan fisik. Magus tetap konst an menyerang dengan magic-magic berat seperti Flare. Untuk Devout bisa mengeluar kan Protect pada awal pertarungan, namun selanjutnya konsentrasikan saja untuk m

enyembuhkan dan membangkitkan anggota yang mati. Bila kamu memiliki Ninja, lempa r Shuriken sejak awal pertarungan dan tetap lakukan hal ini sampai Shuriken-mu h abis. Jangan pelit juga untuk memakai Elixir yang kamu miliki. Bersabar saja, ma ka pertarungan ini akan dapat kamu menangkan.

Congratulations! Nikmati ending dan save game kamu. Saat Load data ini, kamu aka n mulai dari World Map di dekat posisi Invincible yang terakhir. Kamu dapat mela wan lagi semua Boss di Crystal Tower sampai Final Boss (kecuali 5 Boss di Eureka ) dengan level, status dan stok item terakhir seperti pada waktu mengalahkan Fin al Boss sebelumnya.

SUB-QUESTS

ONION KNIGHT

Dalam FF III versi NES, Onion Knight adalah job default saat kamu me mulai game. Namun dalam game ini, Onion Knight justru merupakan job pilihan yang hanya bisa kamu dapatkan dengan syarat dan kondisi tertentu. Keunggulan job ini ada pada kemampuannya yang dapat menggunakan semua jenis senjata dan armor, jug a semua Black dan White magic (kecuali summoning spells). Kekuatan job ini benar -benar tidak terbendung saat kamu berada pada job level di atas 90. Bagaimana ti dak, hampir semua status bisa mencapai nilai 99! Ini dia langkah-langkahnya:

Daftarkan Friend Code temanmu via Wi-Fi. Kirim total 7 mail dengan koneksi lokal atau Wi-Fi, kepada satu orang atau l ebih. Kirim total 4 mail kepada FF III Denizens, yaitu Topapa sampai ia me-reply m ail dengan titel The Children are in Trouble! . Setelah membacanya, pergi keUrdan bicara dengan Topapa. Pergi ke AltarCavehingga scene 3 Bombs yang menawan anak-anak (ingat nggak, mereka yang dulu mengolok-olok Arc). Menangkan battle dengan 3 Bombs tersebut dan salah satu dari anak-anak akan memberikan crystal shard. Dengan ini kamu bisa berganti job sebagai Onion Knight .

Onion Knight memiliki battle commands yang sama dengan Freelancer, y aitu Attack, Magic dan Guard. Semua perlengkapan Onion Knight tidak dijual di to ko manapun, tapi kamu akan mendapatkannya secara random bila menang melawan Yell ow, Green, atau Red Dragon. Musuh-musuh ini bisa kamu temui di ruangan bagian at asCrystalTowersebelum melawan Xande dan pada gua ??? (lihat Vs. Secret Boss). To tal perlengkapan Onion Knight terdiri dari Onion Helm, Armor, Gauntlets, Shield

dan Sword.

Catatan: Pada rom yang beredar di Indonesia, kamu tetap bisa mendapatkan job ini. Skip saja langkah pertama dan kamu tetap akan dapat meneruskan langkah-lang kah berikutnya. Koneksi lokal antar DS saja sudah cukup kok.

THE 3 LEGENDARY SUMMON BEASTS

FF III memiliki total 8 makhluk summon. 5 diantaranya dapat langsung kamu beli saat berkunjung di Replito, sementara untuk mendapatkan 3 lainnya kam u diberi 2 kemungkinan: mengalahkan mereka atau membelinya diEureka. Untuk kemun gkinan yang terakhir, wah, kamu harus menunggu lama sekali hingga game akan bera khir dan memiliki banyak gil. Namun untuk kamu yang berambisi mendapatkan ketiga makhluk tersebut lebih cepat dan mendapatkan tantangan ekstra, baca bagian beri kut:

1.

Odin (summon lv.6)

Lokasi Syarat utama

: Saronia Catacombs (Normal Continent) : Nautilus yang dapat menyelam

Menyelamlah di bagian selatan Southeastern Saronia dan kamu akan men emukan pintu di dalam laut. Masuki saja dan saat bertemu persimpangan, ke timur dulu untuk Golem Staff, Rune Bell dan Aegis Shield. Kembali dan sekarang ke bara t untuk Reflect Mail dan Heavy Lance. Di ruangan berikut yang berkarpet biru di bagian tengahnya, telusuri dulu dinding timur laut untuk 4 Elixir dan Phoenix Do wn, yang kesemuanya dijaga oleh monster. Sesudah ruangan ini, sembuhkan dirimu d an bersiaplah untuk battle melawan Odin. Ksatria berkuda ini banyak mengandalkan serangan fisiknya yang kuat (terutama Zantetsuken). Tetap serang secara fisik disertai magic-magic terkuat, sambil tetap menjaga HP semua anggota. Bila menang kamu akan dihadiahi summonin g spell Catastro untuk dapat men-summon dirinya.

2.

Leviathan (summon lv.7)

Lokasi Syarat utama

:LakeDohr(Floating Continent) : The Invincible

Pergi ke Floating Continent dengan Invincible, tepatnya di sebelah s elatan Gulgan Gulch. Disanaada danau dengan bayangan sesuatu yang bergerak di da lam air! Setelah melewati beberapa bukit kecil, kamu akan tiba di area tersebut. Mendaratlah dan gunakan canoe untuk mencapai bayangan itu yang akan langsung me mbawamu keLakeDohr. Sebelumnya saya ingatkan bahwa setelah mengalahkan Boss di lokasi in i, bayangan di danau akan hilang dan tidak ada kesempatan lain untuk mengeksplor asi dungeon ini bila kamu sempat melewatkan harta yang ada. Oke, begitu kamu ber ada di dalam, ambil harta yang tersimpan di bagian tenggara dulu, lalu kembali k e jalan utama. Pada ruangan berikutnya, kuras harta di timur laut dan lanjutkan ke tenggara. Pada ruangan lainnya, pergi ke timur laut kolam dan jangan lewatkan semua yang tersedia disana. Kembali lagi dan raih juga Lilith s Kiss dan Raven s Ya wn sebelum masuk ke ruangan terakhir. Begitu melwati jembatan terakhir menuju pu saran air, sembuhkan diri dan hadapi Leviathan. Serang dia dengan Thundaga sampai MP-mu habis. Dia menyerang dengan serangan fisik yang membuatmu Petrified, juga dengan Blizzaga. Menang maka spell Leviath jatuh ke tanganmu guna men-summon Leviathan.

3.

Bahamut (summon lv.8)

Lokasi Syarat utama

: Bahamut s Lair (Floating Continent) : The Invincible

Kendarai Invincible dan terbanglah ke sebelah tenggara Midget.Adabuk it yang dapat kamu lewati dari sebelah timur. Masuki gua yang kamu temui. Di dalam, rutenya cukup mudah untuk kamu telusuri dan harta yang ter sebar juga terletak cukup jelas untuk kamu raih semuanya. Nah, sesaat setelah ka mu mendapatkan Euryto s Bow, Phoenix Down, Elixir dan Kotetsu, sembuhkan dirimu. C ahaya di depan akan menghantarkanmu ke mulut gua lainnya. Siap-siap untuk membal as dendam! Pada pertemuan kedua ini, ia akan menyerang sebanyak 2 kali tiap put aran, lumayan menyusahkan. Saya sarankan minimal kamu berada di level 40. Hajar saja dengan serangan fisik dan Aeroga. Saat ia melancarkan Mega Flare, segera se mbuhkan atau bangkitkan anggota party yang tewas. Akhrinya, setelah ini kamu dap at men-summon-nya dengan summoning spell Bahamur.

ULTIMA WEAPON

Senjata terkuat pada serial FF juga tidak absen dalam seri remake-ny a ini. Berikut cara untuk mendapatkannya:

Kirim total 7 mail dengan koneksi lokal atau Wi-Fi, kepada satu orang atau l ebih. Kirim total 4 mail kepada FF III Denizens, yaitu Takka hingga ia mengirim ma il dengan titel The Legendary Smith dan Orihalcum. Lakukan hal yang sama dengan Denizen lain yaitu Princess Sara hingga ia me-r eply dengan mail bertitel Help! . Baca isi mail tersebut dan temui Sara di Castle Sasune. Ia akan memberimu pe ndant miliknya yang rusak. Pergi ke Kazus dan bicara pada Takka. Sayangnya, dalam hal ini pun ia menyer ah. Pergi keNorthwestern Saroniadan temui wanita di sebelah timur yang banyak pe pohonan. Oh, dialah si Legendary Smith! Singkat cerita, ia pun membetulkan penda nt tersebut. Bawalah kembali pada Princess Sara. Kirim mail kepada Cid hingga ia me-reply dengan mail Something in the Basemen t . Pergi ke Canaan dan temui Cid. Cek ruang bawah tanahnya dan dekati monster y ang ada disana(Aeon). Kalahkan dia. Sepeninggal Aeon, ternyata sesuatu terjatuh darinya. Bicara lagi dengan Cid yang akan mengatakan bahwa benda tersebut adalah Orihalcum, metal yang amat lang ka. Yup! Ingatkanapa yang pernah dikatakan Legendary Smith sebelumnya? Temui dia di Falgabard dekat Weapon Shop. Bicara padanya dan ia akan membuatkan Ultima We apon untukmu.

SPECIAL WEAPON & MASTERY CARD

Bila job level-mu sudah mencapai level 99, njata spesial bagi job itu. Temui Legendary Smith lagi on. Jangan lupa untuk memposisikan karakter dengan job party. Kali ini Legendary Smith hanya bisa kamu temui

kamu dapat mendapatkan se setelah event Ultima Weap tersebut sebagai pemimpin di tempat-tempat ini:

Ur, ruangan di dalam sumur Castle Sasune, menara timur lantai 3 Healing Copse, dekat kolam Village of the Ancients, di dalamInn Gysahl, rumah dengan kandang Chocobo Dwarven Hollows, area kolam menujuSubterraneanLake Replito, di dalam rumah di utara Castle Saronia, ruang bawah tanah Doga s Village, pulau di bagian tengah Ancient s Ruins, di dalam Inn

Bila tidak menemuinya di satu tempat, coba cari di tempat yang lain atau kamu juga bisa mencoba keluar-masuk tempat tersebut sampai menjumpainya.. Selain mendapatkan senjata spesial, kamu juga mendapatkan kartu khus us (lihat Key Items pada layar Menu). Dengan kartu ini kamu dapat memasukkan sig nature di akhir mail yang kamu tulis kepada player lain, sekaligus pertanda bagi mereka bahwa kamu telah mencapai level master pada suatu job tertentu.

VS. SECRET BOSS

Kamu yang ingat sensasi melawan Ruby Weapon di FF VII bisa mendapatk annya kembali di sini. Inilah cara menemui Boss rahasia yang terbukti lebih kuat dari Final Boss: Kirim total 7 mail dengan koneksi lokal atau Wi-Fi, kepada satu orang atau l ebih. Kirim mail kepada FF III Denizens yaitu The 4 Old Men hingga mendapat reply berjudul Sea Voyage. Lakukan hal yang sama kepada Alus hingga ia me-reply mail berjudul Saronian L egend. Dengan Nautilus yang sudah dapat menyelam, pergilah ke lautan yang terletak tepat di tengah-tengah Floating Continent dan Dalg Continent (benua tempat Doga s Manor). Akan ada bayangan di air. Masuklah dan dekati terumbu karang. Kamu berada di ???. Berjalanlah mendekati altar dan bersiaplah untuk pertemp uran tersulit di game ini. Boss: Iron Giant Boss ini memiliki serangan 4x tiap putaran dan juga bisa menyerang dengan Meteor . Konon untuk dapat mengalahkannya kamu harus berada pada level 99 dengan job On ion Knight ber-level 99 pula. Tempatkan semua karakter di barisan belakang. Equi p Ultima Weapon, juga semua Onion weapon dan armor. Gunakan magic Protect pada a wal battle dan serang dia juga dengan magic Bio dan Flare. Good luck!